Saturday, October 31, 2009

Bahasa yang Kaya

Gw suka banget baca "Pojok Bahasa" di harian Kompas. Buat gaya-gayaan atau mo jadi munsyi?. Gak lah!, buat nambah wawasan gw aja tentang bahasa dan bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Masalah nanti terpakai atau dipakai tidaknya sih (kayak nulis blog ini) itu mah tergantung..., tapi yang jelas, gw suka aja dulu. Kata orang kan, dari suka timbul cinta, bukan begitu?, hahaha....

Kadang gw takjub, kadang juga merasa bodoh dengan apa yang tertulis di sana, tapi kebanyakan sih senang dan puas, karena kemampuan dan wawasan gw tentang bahasa Indonesia makin bertambah.

Salah satu yang sempet gw catat adalah tulisannya Bung Simon Simanungkalit, di Pojok Bahasa, Kompas, Jumat 17 Juli 2009, yang memberi wawasan pembendaharaan kata baru yaitu : "wartamerta" untuk pengganti kata obituari dan "wartasemerta" sebagai pengganti kata breaking news. Gw suka banget pada alternatif yang ditawarkan pak SS ini, enak didengar dan rasanya... hmmm...canggih betul yah... (sayang gw ga punya link digitalnya)

Mudah-mudah gw belum "anumerta" ketika bahasa Indonesia telah menjadi "tuan bahasa" di negerinya sendiri, he...he...he... (ngelirik posting sebelumnya, National Summit)

Sunter 31 Oktober 2009

No comments:

Post a Comment