Saturday, October 31, 2009

Ringtone

Yang pernah, apalagi yang biasa ke mesjid pasti sering ngalamin yang kayak gini: lagi khusyuk-masyuknya berdoa pada sang Pencipta tiba-tiba konsentrasi kita bubar jalan gara-gara mendengar “suara mekanis duniawi”:

“Tak gendong ke mana-mana… tak gendong ke mana-mana”.

Yes!, benar sodara-sodara sekalian, itu
ringtone yang gak enak dan bikin—sumpah—BeTe (apapun ringtonenya, demi Alloh buat gw semua itu norak!).

Bukan apa-apa, ringtone ini jelas-jelas sudah menganggu Broer!, menggangu kekhusyukan beribadah!. Buat dirinya sendiri juga jamaah yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan orang. Apa gak bikin dosa tuh???.

Apalagi buat orang kayak gue, yang shalatnya jarang ingat dan ke mesjid cuma seminggu sekali ini, jelas sangat merugikan!. Karena ringtone kampungan itu sudah mengkorupsi kedatangan gw untuk sowan ke Tuhan, arkkhhh…

Gue ga habis pikir sama orang-orang yang masih juga menyalakan handphone-nya ketika shalat di mesjid. Buat apa sih?. Apa emang dirinya begitu penting sehingga harus terhubung terus-menerus tanpa putus 24 jam?. Apa mo nunjukin kalo dia punya HP?
(perasaan sekarang anak kecil aja udah pada punya HP tuh!). Apa mo ngasih tahu kalo bunyiringtonenya keren, lucu, unik? (semua itu relatif, bukan begitu?), atau… lagi nunggu kabar dari Cikeas?(sapa tau ditawarin jadi menteri ama SBY, H2C :D). Apapun alasannya, menurut gw, tetap ga masuk akal dan norak!.

Tokh Shalat Jumat juga gak lama-lama amat, paling lama satu jam, dari jam 12-an sampai jam 1-an
(cuma Satu Jam Saja, begitu nyanyian Asti Asmodiwati dulu). Sejam pun terlalu lama, dan ini bisa terjadi, kalo kebetulan lagi dapat Imam & Khatib yang begitu bersemangat! :D. Ditambah makan siang selama 30 menit, maka cuma satu setengah jam kita hilang “orbit”. Gak lama kan?.

Mending kalo yang menghubungi itu adalah bos kita yang dungu dan ga tau aturan, lah!, ini kebanyakan pasti cuma selingkuhan atau teman sekantor doang!, yang menghubungi kita karena keburu garing nongkrong kelamaan sendirian di restoran Padang akibat janjian sebelum pergi shalat tadi, halah!. Ga penting banget kan??!.

Padahal udah jelas-jelas pengurus mesjid berkali-kali dan berbusa-busa mengumumkan agar “alat panggil atau komunikasi lainnya harap dimatikan”. Jelas kan?.
(Gak jelas ya?. Yaahhh… bener sih. Emang ada alat komunikasi atau panggil lainnya selain telepon genggam alis handphone sekarang ini?, hehehee….). Pengumumannya pun ada di setiap tiang penyangga masjid, tapi tetep aja, setiap minggu selalu ada dering RBT di tengah-tengah shalat Jumat.

Mesjid kan rumah Alloh broer, please deh, kalo setiap mo pergi shalat Jumat, loe kasi tahu dulu semua orang, entah itu bos loe
(kalo loe brani pamit ama bos); anak buah loe (kalo punya), pacar loe (kalo ada yang mau diaku pacar); selingkuhan loe (hehehe…); isteri loe(perlu ga sih?); isteri temen loe (kali aja ada yang begini?); OB; recepcionist; sekretaris bos (apa hubungannya yak?); tukang soto ayam pinggir jalan; debt collector; pokoknya siapa aje deh, bilang kalo selama satu jam ke depan loe gak mau diganggu, apapun alasannya, karena ada urusan yang sangat maha penting, loe mo menghadap Tuhan. TITIK.
Beres kan?, mestinya sih…. Hehehehe

Kalo loe dah ngasih tahu, loe dah pamitan, tapi loe tetap merasa sayang sama HP loe yang maha keren itu, ya… gak apa-apalah di bawa ke mesjid. Tapi jangan lupa pilih moda
“SILIENT”ya, biar gak ganggu jamaah yang lain. Kalo emang merasa TETEP ga pengen kehilangan momen juga (lagi nunggu calling dari Cikeas tadi misalnya), pilih SILENT plus VIBRA (getar). Taruh HP-nya di kantong depan celana, jadi kalo ada sms atau call di tengah-tengah shalat nanti, loe jadi tahu dan minimal udah dapat “sensasi getaran” yang mengejutkan kan?, hehehe…

Gw rasa terputus komunikasi dengan teman atau siapapun melalui HP selama satu sampai satu setengah jam di hari Jumat itu bukan masalah besar dan ga perlu disikapi dengan berlebihan, misalnya tetap menyalakan HP kala shalat di mesjid. Yang lebih penting adalah jangan sampai kita
PUTUS KOMUNIKASI ama TUHAN . Kalo ini yang terjadi, ringtone loe yang isinya “Tombo Ati” atau lagu-lagu rohani lainnya pun gak akan bisa ngebantu loe di akhirat nanti. :D

Wassalam
Sunter 07.09.2009

Mari non-aktifkan telepon seluler Anda ketika di dalam mesjid demi kenyamanan dan kekhusyukan ibadah kita (kayak pamflet jam orba ga sih? :D)

No comments:

Post a Comment