Monday, February 16, 2009

Ada Apa di atas Trans Jakarta

Mau tahu pemandangan khas apa yang terjadi di Trans Jakarta (TJ) di pagi hari?.
Penumpang berjubel?, itu sih biasa!.

Penumpangnya kebanyakan cewek?. Gak juga, laki-laki juga banyak kok!

Terus apa donggg...???


Hmmm... Ada tiga pemandangan khas yang berhasil gw amati selama ini.


Pertama, semua penumpang laki-laki (yang duduk ya) pasti memejamkan matanya!.

Entah benar-benar terlelap tidur karena kecapekan atau karena sudah "terpaksa" bangun pagi-pagi.
Ataaaauuuuu... malah pura-pura tidur, karena gak mau ngasih tempat duduk buat cewek-cewek yang berdiri bergelantungan, hehehe...

Kedua, beberapa penumpang yang duduk (baik yang lelaki--yang gak tidur tapi matanya terpejam--dan perempuan) pasti memakai earphone/headphone di telinganya. Mereka menghibur diri mendengarkan musik untuk mengusir kejenuhan selama menempuh perjalanan dengan TJ (yang jalannya lamaaa banget dan gak 100% bebas hambatan ini)


Ketiga
, semua penumpang yang berdiri bergelantungan itu selalu bermuka masam, jutek, bete... pokoknya, mukanya gak ada yang cerah deh!. Ada sih satu-dua penumpang yang mukanya cerah-ceria. Tapi itu juga gak banyak, bisa diitung dengan jari deh. Kalo pun mereka ceria, biasanya mereka memang udah saling kenal atau sibuk bertelepon dan ber-SMS ria dengan telpon genggamnya (ada juga yang pake Blackberry loh! :D).


Terus, masalahnya apa?

Gak ada masalah sih sebenarnya. Cuma, batin dan pikiran gw jadi terusik gara-gara ngeliat pemandangan kayak gini. Gw kok ngerasa ada yang salah ya dengan fenomena ini. Salah, dimananya???


Gini loh:

Pertama, ternyata adanya TJ tidak mengubah kebiasaan, tabiat, karakter atau apalah dalam diri para penumpang itu. Dulu, saat mereka naik bus atau metro mini mereka bisa cuek--tetap duduk--padahal banyak cewek yang berdiri. Sekarang, setelah ada TJ, kelakuan mereka tetap sama, gak mau berbagi tempat duduk!. Taunya dari mana?, ya itu tadi berlagak tidur atau pura-pura tidur. "Kalo mata gw ketutup, berarti gw lagi tidur dong, gak mau diganggu dong", begitu kira-kira isi hati penumpang yang cuek bebek ini.


Kedua, para warga DKI penumpang TJ ini gw rasa bener-bener gak produktif dan gak kreatif.

Bayangin aja, masa selama perjalanan satu sampai satu jam setengah cuma diisi dengan hal-halyang tidak produktif ; tidur mendengukur dan hanya melulu mendengarkan musik sih?. Kenapa gak diisi dengan membaca--koran, majalah, komik atau e-book sekalian? (ini khusus buat para penumpang yang duduk itu ya, kalo yang berdiri jelas gak bisa baca, wong berdiri aja udah desak-desakan kok!) ). Kenapa harus tidur getu loh?, tokh udah sempet tidur 5-6 jam sebelumnya, masa mo tidur lagi sih???. masa cuma dengerin musik doang???

Ketiga, TJ bukan (masih belum) menjadi moda transportasi yang aman, nyaman dan menyenangkan.
Buktinya, masih (selalu setiap hari!) para penumpang berdesak-desakan di atas TJ, bahkan juga ketika menunggu di halte (di semua halte loh!). Kedua, para penumpang itu juga jelas-jelas sudah teraniaya dan terperdaya. Mereka tadinya berharap dengan naik TJ mereka akan otomatis dapat tempat duduk, bisa aman dan nyaman selama perjalanan, eh, nyatanya enggak kan??, makanya muka mereka rata-rata jutek bin bete, hehehe...

So, terus harus gimana dong?

Ya, gak gimana-gimana. Kalo udah kepalang basah naik TJ dan ngadepin kondisi di atas, ya pasrah aja deh. Cuma...kalo bisa, kalo bisa nih ya... coba deh isi perjalanan ber-TJ ria itu dengan hal-hal yang produktif. Misalnya:

  1. Usahin ketika naik dan turun TJ, wajah tetap sumringah, senyum terus mengembang. Siapa tahu kalo wajah kita "cerah" gitu kita dapet jodoh, hahaha...
  2. Isi perjalanan dengan membaca. Mo baca koran kek, komik kek, atau malah baca stensilan kek, yang penting baca!, karena kan kita jadi lebih produktif dan kreatif. Apalagi kalo kita (berlagak) baca koran bahasa Inggris atau jurnal-jurnal ilmiah, waaahhh... pasti cewek yang duduk atau berdiri di samping kita bakalan tertarik tuh ama kita!, hahahaha... (padahal apa yang dibaca juga gak ngerti!).
  3. Buat yang cowok, prioritaskan tempat duduk untuk kaum hawa. Kalo udah duduk, terus ada cewek yang berdiri, ya mbok ngasih tempat duduknya. Mo ceweknya muda, setengah baya atau tua sekalian, biarkan mereka duduk. Bukan karena mereka kaum yang lemah ya, bukan itu!. Siapa tahu, kita bisa kenalan ama tuh cewek!, hehehe... Syukur-syukur bisa "jadian". Kalo usia tuh cewek seumuran, bisa jadi pacar atau selingkuhan. Kalo wanita setengah baya, siapa tahu dia punya anak perempuan yang bisa dipacarin. Begitu juga kalo ama nenek-nenek, siapa tahu dia neneknya Luna Maya???, siapa tahu loh!?. kalo kita kasih tempat duduk kitabuat tuh nenek, siapa tahu tuh nenek mo ngenalin ama cucunya (yang moga-moga bener Luna Maya). Hari gene siapa sih yang gak mau ama Luna Maya?, wuakakak...
  4. Boleh aja dengerin musik pake earphone, tapi... lagunya jangan yang itu-itu terus dong!. Bosen gak sih?. Sesekali dengerin juga genre musik lain. Kalo biasanya pop, besok gantian dengerin campur sari. Yang sehar-hari dengerin metal atau hardrock ya mulai besok, coba deh selingkuh dengerin keroncong. Biar gak bosen dan loe makin kreatif getu loh!.
  5. Sesekali copot deh tuh eraphone. Biarkan i-pod, mp3player atau hadphone loe berbunyi sekeras-kerasnya, biar semua orang sebis TJ tahu warna musik loe kayak apa. Misalnya lo lagi denger lagu-lagunya Bang Haji Rhoma. Didenger sendiri emang asyik, tapi kalo didenger semua orang, kan jadi lebih berwarna!. Siapa tahu semua orang, sebis TJ, pada begoyang dangdut!. Lumayan loh buat menghibur penumpang yang bete itu. Itu namanya lo udah beramal saleh. Iya khan???.
  6. Terakhir, selalu berdoa pada Tuhan, semoga loe bisa nemuin kejadian-kejadian yang unik, aneh atau lucu kayak gue. Biar loe gak bete!, hehehe...

Terinspirasi menulis ini gara-gara seminggu terus-menerus berdiri di atas TJ.
Sompret, sob!

(Dharmawangsa, 05 Februari 2009)

No comments:

Post a Comment