Thursday, February 19, 2009

Workshop "Menemukan Ide-Ide Hebat"

Dimana Anda merasa sering mendapatkan ide?
A. Mobil B. Café C. Toilet/Kloset D. Kantor


Tepat!, jawaban terbanyak adalah di C. Toilet/Kloset!.

Dari 100 responden yang ditanyai, 87 orang menjawab toilet/kloset sebagai tempat dimana mereka sering mendapatkan ide-ide. Entah ide-ide yang segar nan brilian-cemerlang gilang-gemilang atau ide-ide licik dan busuk, pokoknya dapat ide!. Sisanya (berturut-turut) di café, mobil dan tempat terakhir adalah di kantor.

Mengapa toilet, mengapa di atas kloset?.

Karena, menurut responden, hanya di toilet-lah mereka bisa beb
as dan terbebas dari dua hal. Sambil nongkrong di kloset, mereka bebas merenung atau melamun sehingga terbuka kesempatan untuk menggali atau mendapatkan ide-ide. Kedua, terbebas dari “beban” yang menggelayuti tubuh mereka sepanjang hari, yaitu membuang hajat. Dimana lagi coba tempat yang paling pas—kalo bukan di toilet sambil nongkrong di kloset—agar bisa terlepas dari dua hal tersebut?, gak ada lagi khan???.

Di taman?, masa bisa?, selain tempatnya yang terbuka dan berisik, pikiran dan penglihatan kita pun kita pun pasti akan terganggu melihat dan mendengar
pasangan-pasangan kekasih yang cekikikan melepas “hajat” mereka sendiri.

Sisa jawaban yang lain dari hasil survey di atas gak perlulah dibahas. Males. Gak penting juga kali, tokh semua udah jelas.
Yang justru memicu otak gw adalah bahwa dari hasil survey di atas, tiba-tiba saja… eureka!, gw dapat ide!. Gw pengen bikin workshop bertema “Bagaimana Mendapatkan Ide-Ide yang Hebat”. Ide ini juga gw dapat saat gw sedang nongkrong di toilet!, hahaha…

Konsep workshop ini sebenarnya sangat simple yaitu “menghimpun orang-orang yang ingin menemukan atau mendapatkan ide-ide hebat dengan cara yang tepat yaitu sambil duduk/nongkrong di atas kloset!”.


Jenius gak sih???, belum pernah ada kan???.


Bisa dibayangkan bagaimana suasana yang akan tercipta nantinya.

Dua ratusan orang atau lebih yang hadir akan duduk di atas kloset masing-masing lalu mulai merenung dan melamun untuk mencoba menemukan ide-ide yang hebat.


Dan pada saat yang bersamaan… teriakan-teriakan “EURAKA…!”, EURAKA…!”, “EUREKA…!” akan bergema bersahut-sahutan di setiap sudut ruangan tempat workshop berlangsung saat satu per satu setiap peserta menemukan ide hebat mereka.


Dahsyat!, sungguh sangat dahsyat!


Don… loe emang jenius!


Buat temen-temen yang pengen tahu detail lebih lanjut dari workshop ini bisa kirim email japri ke gw.

No comments:

Post a Comment