Monday, February 16, 2009

Menjadi Tua itu Berkah, Belagak Muda itu Musibah!

Di angkot M 01
Seorang pria paruh baya terus-menerus melirik-melirik ala A. Rafiq ke cewek muda yang duduk di sebelahnya sambil tersenyum-senyum genit (sebenarnya malah jadi kayak bandit!). Si cewek jadi sewot;

“Heh!, … dasar tua bangka gak tahu diri loe!, ngaca donggg… loe tuh udah bangkotan tau!”


Di sebuah reuni SMU angkatan lawas
, dimana para pesertanya sudah beranjak tua;

“Hei, loe tuh gak berubah ya, masih keliatan muda aja!”

“Hi..hi…hi.. makasi ya Ren, eh, tapi masa sihhh???” (GR mode on)

“Iya, swear deh!, minum apa sih loe?”


Di depan cermin, sambil dipeluk dari belakang oleh suami tersayang
,

“Emang aku udah tua banget ya Cin…???”

“Hmmm… gak kok sayang… kamu masih terlihat muda kok!”
(entah si suami emang sayang beneran atau dia muji sambil mikirin isteri tetangga yang muda nan jelita menggoda mata itu).


Pernah nemuin atau denger kalimat yang kayak gitu gak?. Atau setidaknya mirip-mirip deh?. Bukan ke elo sih, tapi mungkin ke temen elo atau siapalah. Kalo pernah syukur, kalo enggak, juga gak apa-apa. Cuplikan kalimat di atas bisa jadi emang pernah loe alami (berarti fakta) atau cuma sekadar imajinasi gw aja (jadi cuma fiksi). Cuplikan percakapan di atas itu cuma sekedar kalimat pengantar doang kok. Bukan itu yang mau gw omongin, yang mau gw bahas. Tapi, lebih ke arah esensi dari pernyataan, pertanyaan di atas, “emang kenapa kalo jadi tua, kenapa sih pengen selalu keliatan muda terus?, emang malu ya kalo disebut tua?, atau hidup kita jadi susah ya kalo dibilang tua?”


Perasaan takut menjadi tua, atau setengah tua, atau menjelang tua lumrah terjadi dalam diri manusia. Siapa sih yang rela dibilang “tua loe!”, pasti gak ada mau kan!?. Nenek gw juga pasti ngamuk kalo dibilang begitu!. Padahal dia udah tua loh, sumpah!, ama gw aja beda 40 tahunan, hehehe…


Kata “Tua” itu jadi momok yang menakutkan karena kata itu identik-melekat dengan konotasi negatif. Tua itu jelek. Tua itu menjadi pikun. Tua itu berarti perut loe jadi gendut-membuncit. Tua itu membuat kepala loe botak setengah atau botak seluruhnya, di depan atau di bagian belakang kepala. Tua itu keriput, kulit loe kisut. Tua itu menjadikan diri loe gak ganteng (lagi), gak cantik (lagi), gak semenarik waktu masih muda dan remaja. Pokoknya tua itu negatif. Tua itu gak produktif. Tua itu akhir. Tua itu titik. Habis. The End. Tamat. Selesai.


Tapi apa masa iya loe takut dibilang tua?, apa iya loe mesti malu dibilang tua?. Gak perlu lah!.

Menurut gw menjadi tua adalah anugerah, sebuah berkah, hadiah yang terindah (kayak judul lagu aja) dalam hidup kita.

Tahu gak sih, dengan menjadi tua, sebenarnya Tuhan sayang sama elo. Lo udah dikasih kesempatan sama Tuhan buat berubah. Jadi lebih baik; jadi lebih alim; jadi lebih kalem; jadi lebih sayang anak bini sendiri (gak lagi ke anak bini orang lain, apapagi ke ABG, hahhaa), lebih rajin beribadah; lebih mawas diri karena sebentar lagi loe bakalan mati… hahaha… Nah, apalagi yang kurang coba???.


Coba kalo sekarang loe gak dikasih kesempatan menjadi tua, misalnya, Tuhan cuma ngasih umur loe di angka 25-30 tahunan, mendadak loe mati; loe wafat; loe koit; loe meninggal dunia dalam keadaan belum bertobat?, meringis loe di neraka!, Gak mau kan loe?,… makanya, nikmatin aja masa-masa menjadi tua itu!.


Sebenarnya, yang paling bahaya adalah perasaan gak nyadar diri, bahwa walaupun sudah menua (secara fisik, stamina, juga mental dan jiwa) eh, tapi masih juga merasa muda… dengan cara yang salah pula!, kayak jadi pecicilan, genit gak ketulungan, atau malah norak kampungan!.

Ini sih musibah, ini bukan lagi berkah!. Malapetaka Sob!, cilaka loe kalo ngerasa begitu, hahaha…

Penampilan luar emang bisa loe ubah, loe modifikasi, loe make over.
Semua yang berbau tua diumpet-umpetin, disembunyiin, dilipet sana-sani, dikosmetikin biar keliatan tetep muda.

  • Kulit muka loe tarik sana-sini, lewat operasi plastik berkali-kali, biar kulit keriput-kisut loe ilang dalam sekejap,
  • Loe pake celana jeans di bawah pinggul mamerin CD totol-totol loe (padahal itu karena celana loe udah gak muat lagi ama pinggang loe yang udah bertumpuk lemak dan gak kompak ama perut loe yang buncit segede drum),
  • Loe cet rambut loe atau loe kasih highlight biar uban loe gak keliatan,
  • Loe nahan nafas kalo di depan para gadis muda biar perut terlihat rata,
  • Rambut dibelah tengah, biar bagian kepala yang sisi kiri kanan yang udah sedkit membotak itu, terlihat agak samar. Atau loe pakai topi, baret, pet, biar terlihat keren, padahal botak loe udah parah banget!
  • Loe pake asesoris masa kini, semisal rantai dompet, kalung, anting, gelang tangan, gelang kaki, dari berbagai ukuran dan metarial kayak besi, perak, baja, titanium, padahal loe sadar loe gak suka terlihat “bling-bling” dan mencolok mata.

Tapi…

Ada yang gak bisa loe ubah Sob!.

Ada yang gak bisa loe boongin Bro!.

Ada yang gak bisa loe tutup-tutupin Bos!, yaitu hati nurani loe sendiri!.


Emang lo bener-bener bahagia kalo disebut awet muda?, gak keliatan tua?.
Emang loe bener-bener tahu kalo temen loe udah ngomong?. Siapa tahu dia cuma basa-basi, padahal sebenarnya dia tuh cuma mo nyela loe doang!. Loe aja yang ke-GR-an.

Yang rugi siapa?, elo!, bukan dia!. Loe rugi karena termakan sanjungan semu, puja-ujian buta, padahal faktanya enggak!. Kalo udah kemakan tuh puji-pujian gitu, bukan gak mungkin loe akan merasa “terbang ke langit ketujuh” gak nginjek bumi lagi. Jebakan betmen tuh Sob!


Terus, mo bawa kemana hidup loe?


Mending, loe mensyukuri aja apa yang udah Tuhan berikan ke elo, daripada loe coba-coba mengubah takdir loe dengan cara-cara yang aneh dan nyeleneh. Berabe bos… gak nyaman deh!.

Percaya deh, kalo loe hidup dengan sikap pasrah-berserah diri pada yang Maha Kuasa, hidup loe akan jadi lebih mudah, akan jadi lebih indah.

  • Tuhan ngasih loe uban… loe terima aja, karena yakin deh, masih ada kok ABG yang suka pria tua beruban! (kalo ABG aja masih suka, apalagi yang sebaya, hahaha…). Ingat, Sean Connery itu udah botak, beruban pula, tapi dia masih jadi incaraan dan pujaan cewek segala ukuran dan segala usia loh!, hahahaha….
  • Tuhan ngasih loe kulit keriput dan kisut, gak apa-apa… , karena dengan begitu, biaya hidup loe jadi lebih murah, gak perlu lagi keluar duit buat beli krim pengencang kulit yang harganya lebih mahal dibanding kursus Kumon anak loe.
  • Tuhan memberi loe perut buncit-pinggang berlemak?, ya udah terima aja, mo gimana lagi?. Itu kan karena salah loe juga kan?, yang suka makanan padang sampai nambah berpiring-piring, trus udah gitu juga karena loe emang males olahraga.
  • Tuhan mengaburkan mata loe, itu juga bagus!. Artinya loe udah harus mulai berhenti mengkonsumsi stensilan dan mulai sekarang kalo mo liat cewek dari jarak deket aja, minimal 5 cm deh!. Dijamin…., loe bakal ditabok ama tuh perempuan!, hahaha… Kalo udah ditabok, masa loe gak kapok??
  • Tuhan menyedikitkan rambut di kepala loe, bagus juga!, karena dengan begitu loe gak usah sering-sering main panas-panasan di luar sana. Minimal loe gak sok-sokan ikutan ngejar-ngejar layang putus lagi deh!. Entar kalo pingsan atau mimisan, siapa coba yang mo nolong???
  • Tuhan melemahkan fisik loe?, gak apa-apa… terima aja. Itu artinya Tuhan ngasih batasan ke elo biar loe gak lagi berlagak kayak Samson atau Rambo yang ngerasa bisa kuat ngesex berjam-jam tanpa bantuan obat-obatan, hahaha…
  • Tuhan membungkukkan punggung loe?, bagus dong, itu kan jadi senjata buat elo, biar loe bisa duduk nyaman sentosa bahagia sejahtera kala loe naik kendaraan umum. Gw jamin sampai tahun berapapun, yang namanya “Kakek-Nenek” itu pasti dikasih duduk tempat!.
  • Badan loe mulai gemetar saat melintas di depan bar, panti pijat atau klub?. Gak apa-apa, jangan takut, karena itu berarti Tuhan pengen loe gak pergi lagi ke tempat-tempat kayak gitu. Tuhan mau loe sekarang pergi ke rumah-rumah ibadah, ke mesjid, ke gereja, ke pura, ke kuil dan lain-lain.
  • Tangan loe begitu berat saat pengen nyawer ke penari ronggeng atau penyanyi dangdut orkes tunggal?. Itu artinya Tuhan pengen tangan loe, duit loe, kepake buat nyumbang panti-panti asuhan, anak-anak terlantar, pengemis dan gelandangan.

Masih banyak lagi yang lain yang loe bisa tambahin sendiri dengan sedikit “merenung”.
Saat loe bisa nambahin daftar gw di atas, maka loe pasti akan mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan ke elo. Saat itu juga loe pasti setuju ama gw kalo dikasih kesempatan “menjadi tua itu berkah yang indah”.

Tapi…
Terserah elo sih, loe ini yang jalanin hidup loe, bukan gw.
Hidup ini kan cuma melulu soal pilihan-pilihan.

Loe mo menyikapi usia loe, yang menjelang senja dan menua ini dengan bijksana, boleh.
Atau loe tetep keukeuh maksa pengen keliatan muda terus…, juga boleh!.
Itu hak loe sob, gw gak maksa, hehehe…


Jelang sore, di kedai kopi asing,

“Halo... sendirian ya, boleh saya temani?. Saya Raka, kamu …”

“Ihhh…, ngapain sih nih aki-aki kenalan ama kita-kita!”


Mampus gak loe!

(Dharmawangsa, 10 Februari 2009)

No comments:

Post a Comment